Ini Dia Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Excel 2007

Microsoft Office Excel atau yang biasa diketahui dengan Excel, adalah satu program aplikasi berupa lembar kerja (spreadsheet). Aplikasi ini dibikin oleh perusahaan Microsoft Corporation serta cocok untuk program aplikasi Microsoft Windows serta Mac OS.

Memiliki bentuk berbentuk lembar kerja yang terbagi dalam kolom serta baris, dimana ini mempermudah kamu untuk masukkan data berbentuk tabular.

Excel diperlengkapi dengan beberapa jenis feature yang bisa dipakai dalam prosesing data seperti feature untuk bikin tabel, grafik, manfaat formula (rumus) basic dan lain-lain. Penampilan Excel juga berlainan berdasar pada semasing tahun rilisnya. Contohnya saja Excel 2003 berlainan dengan penampilan Excel 2007 serta 2010.

Simak Juga : rumus excel

Tetapi berbedanya vs berdasar pada tahun ini tidak memberi ketidaksamaan yang begitu relevan, terkecuali menambahkan serta pengurangan feature pada semasing versinya.

Tersebut Liputan6.com, Senin (11/3/2019) sudah meringkas dari beberapa sumber mengenai langkah membuat neraca keuangan dengan Excel 2007.

Beberapa bagian Excel 2007
1. Office Button, berperan untuk buka sisi yang bermanfaat untuk terhubung beberapa fungsi umum yang terkait dengan pemrosesan dokumen di Office 2007. Contohnya saja New, Open, Convert, Save, dan lain-lain.

2. Quick Access, tools yang berisi kelompok tombol perintah (command button) yang relative seringkali dipakai. Pada tools ini dalamnya seperti Save, Undo, Redo, Open, serta New.

3. Title Bar, berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan serta dinamakan yakni ‘Book1’.

4. Tombol Ukuran, berperan mengendalikan jendela satu aplikasi seperti Maximize, Minimize, atau Close.

5. Menu Bar, sisi yang mencangkup menu-menu yang menyiapkan bermacam tools seperti File, Home, Insert, Page Layout, Data, Reviews, dan lain-lain.

6. Tool Bar, sisi yang berisi tools untuk kerja di Excel.

7. Name Box, sisi yang tampilkan nama tempat yang tengah aktif.

8. Formula Bar, sisi yang berperan untuk masukkan rumus yang akan dipakai.

9. Column, bagain yang tampilkan kolom yang diikuti dengan huruf alphabet.

10. Rows, sisi yang tampilkan baris yang diikuti dengan angka.

11. Document Ruang, sisi lembar kerja Axcel yang mencangkup kolom serta baris.

12. Active Cell, adalah sisi yang berpotongan pada kolom serta baris.

13. Tab Worksheet, sisi yang menampilakn lembar yang sudah dibikin.

14. Insert Worksheet, sisi yang berperan untuk menambhakan lembar baru.

15. Vertical Scroll Bar, sisi yang berperan untuk meng-scroll halaman kea rah atas serta bawah.

16. Horizontal Scroll Bar, sisi yang berperan untuk meng-scroll halaman ke kanan serta kiri.

17. Status Bar, sisi yang tampilkan status bar.

18. Penampilan Monitor, sisi yang berperan untuk ganti penampilan lembar pada monitor.

19. Zoom, sisi yang berperan untuk jadi besar atau mengecilkan penampilan lembar.
Langkah Membuat Laporan Keuangan di Excel 2007
Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang banyak dipakai, serta mempunyai beberapa manfaat di dunia usaha. Bila kamu mempunyai usaha, kamu bisa memakai Microsoft Excel untuk bikin neraca keuangan, neraca, serta laporan penghasilan spesial untuk diberikan pada investor serta partner.

Sesudah kamu mempunyai spreadsheet keuangan itu, kamu bisa dengan gampang mengupdatenya tiap-tiap kuartal untuk memberi data yang sangat berkaitan untuk usaha kamu.

Microsoft Excel juga telah mempunyai banyak variasinya yang sesuai dengan tahun rilisnya. Seperti yang sudah diterangkan diatas barusan, aplikasi Excel ini tidak mempunyai ketidaksamaan yang relevan di tiap-tiap aplikasinya.

Perihal yang berlainan hanya berbentuk penambahan atau pengurangan feature di tiap-tiap versinya. Tetapi untuk langkah kerjanya, tidak ada yang berlainan baik itu Microsoft Excel 2003, 2007, atupun 2010.

Beberapa langkah membuat neraca keuangan di Excel 2007
Langkah Pertama

Tentu saja kamu mesti mempunyai aplikasi Microsoft Excel 2007 terlebih dulu. Bila belum miliki, kamu dapat mengunduhnya terlebih dulu.

Langkah Ke-2

Kumpulkan semua data keuangan dari usaha kamu. Sediakan data keuangan itu sebelum kamu mengawali membuat laporan dengan memakai template di Excel.

Langkah Ke-3

Sesudah data yang ingin kamu bikin laporan telah siap, langkah membuat neraca keuangan di Excel 2007 setelah itu dengan buka aplikasi Excel serta template. Sesudah itu kamu ubah nama tugasnya dengan nama perusahaan kamu.

Langkah Ke empat

Masukan info keuangan yang kamu kumpulkan barusan, seperti penghasilan serta cost operasi contohnya. Lalu langsung bergerak ke template pembuatan laporan. Rumus dalam template mesti dengan automatis diperbaharui setiap saat kamu masukkan nomer baru, ya.

Teruskan dengan isi template dengan info keuangan kamu sendiri, lantas taruh dokumen yang telah di isi ke hard drive.

Langkah Ke lima

Sesudah itu, langkah membuat neraca keuangan di Excel 2007 dengan mengevaluasi info di neraca keuangan kamu serta mencari kesalahannya. Satu diantara permasalahan yang sangat umum ialah pada lembar kerja di Excel.

Khususnya yang sudah dibikin dari template, bisa jadi berlangsung saat jumlahnya yang dimasukkan begitu besar waktu memasukkan ke kolom yang sudah diputuskan. Mencari kolom yang tampilkan “#####” untuk melakukan perbaikan kesalahan-kesalahan itu.

Langkah Ke enam

Langkah membuat neraca keuangan di Excel 2007 setelah itu dengan mengalihkan cursor kamu ke pojok kolom yang berisi penampilan “####” barusan. Lalu mengambil pojok serta tarik mouse ke kanan untuk memperluas kolom sampai kamu dapat lihat nomer yang dipertunjukkan.

Sesudah itu click ‘Simpan’ untuk menaruh spreadsheet yang diperbaharui barusan.

Sumber : http://www.menghitung.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s