Yuk Belajar Menghitung Persen di Excel

Dalam pemrosesan data makna prosen atau rasio sudah tentu gak asing . Rasio bisa dikatakan pula sebagai perseratus. Makna kalkulasi ini menunjuk pada suatu perbandingan atau rasio yg menjelaskan pecahan dari seratus. Rasio kerap dideskripsikan dengan ikon ‘%’

Salah satunya software pengolah data berwujud angka yg begitu kondang yaitu Microsoft Excel. Software karya Microsoft ini sangat mungkin Anda buat memproduksi data angka. Dengan sejumlah rumus spesifik Anda bisa menuntaskan perhitungan-perihitungan angka secara ringkas.

Simak Juga : rumus excel

Nah, salah satunya kapabilitas olah angka pada Microsoft Excel yaitu mengalkulasi rasio suatu data. Ada cara-cara mengalkulasi prosen di Excel. Trik mengalkulasi prosen di Excel cukup ringan dipraktekkan serta yang pasti bakal berfaedah untuk kesibukan pemrosesan data angka Anda.

Selanjutnya trik mengalkulasi prosen di Excel yg sukses Liputan6. com rangkai dari halaman sah Microsoft, Selasa (26/2/2019) .

Menghadirkan Prosen di Excel
Trik mengalkulasi prosen di Excel yaitu dengan menempatkan fotmat rasio pada lembar kerja Excel. Buat menempatkan format rasio dalam sekejap ke sel yg di ambil, Anda cukup click lambang ‘%’ dalam kelompok Angka pada tab Teras, atau tekan Ctrl+Shift+%.

Memformat sel yg udah berisi angka

Apabila Anda menempatkan format Rasio pada angka yg udah ada di dalam lembar kerja, Excel bakal mengalikan angka itu dengan 100 buat merubahnya berubah menjadi rasio. Umpamanya, apabila satu sel berisi angka 10, Excel bakal mengalikan angka itu dengan 100, yg bermakna angka yg Anda tambahkan bakal berubah jadi 1000. 00% seusai menempatkan format Rasio.

Buat menghadirkan rasio dengan cara tepat, sebelum Anda memformat angka jadi rasio, yakinkan angka itu udah dihitung jadi rasio, serta diunjukkan dalam format desimal.

Rasio dihitung memanfaatkan padanan banyaknya / keseluruhan = rasio. Umpamanya, apabila suatu sel berisi rumus =10/100, hasil penghitungannya yaitu 0. 1. Apabila Anda setelah itu memformat 0. 1 jadi rasio, angka itu bakal diunjukkan secara benar jadi 10%.

Memformat sel kosong

Apabila Anda menempatkan format Rasio ke sel kosong, lalu menuliskan angka ke sel itu, hasilnya sedikit akan tidak sama. Angka yg sama serta tambah besar dari 1 bakal dialih berubah menjadi rasio dengan cara default, serta angka yg lebih kecil dari 1 bakal dikalikan 100 buat mengonversinya berubah menjadi rasio.

Umpamanya, menuliskan 10 atau 0. 1 bakal membuahkan 10. 00%. Apabila Anda tidak akan menghadirkan dua angka 0 seusai titik desimal, Anda bisa memformatnya pada setting decimal.

Contoh Trik Mengalkulasi Prosen Di Excel
Menambah atau turunkan angka berdasar pada rasio

Apabila Anda belanjakan rata-rata Rp 25. 000 tiap-tiap minggu, serta mau mengirit pengeluaran mingguan sebesar 25%, berapakah banyak yg dapat Anda membelanjakan? Atau, apabila Anda mau menaikkan alokasi makanan mingguan Rp 25. 000 sebesar 25%, berapakah alokasi mingguan baru Anda? Berikut trik mengalkulasi prosen di Excel buat menambah serta turunkan Angka :

Apabila B2 yaitu banyaknya yg Anda membelanjakan, serta C2 yaitu rasio yg bakal dikurangi dari banyaknya itu, Anda bisa masukkan =B2* (1-C2) di D2 buat paham hasilnya.

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)
Dalam rumus ini, 1 dimanfaatkan buat memberikan 100%. Demikian juga, apabila Anda mau menaikkan banyaknya itu sebesar rasio spesifik, tambahkan =B2* (1+C2) di D2.

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)

Mengalkulasi banyaknya berdasar pada rasio
Apabila Anda beli pc seharga Rp 800. 000 serta dikenai pajak penjualan 8, 9%, berapakah banyak yang wajib Anda bayar buat pajak penjualan itu? Dalam perumpamaan berikut, Anda mau menemukannya 8. 9% dari 800. 000. Trik mengalkulasi prosen di Excel buat mengalkulasi banyaknya berdasar pada presentasi yaitu dengan memadukan sejumlah rumus selanjutnya.

Apabila B2 yaitu harga serta C2 yaitu pajak penjualan, Anda bisa menuliskan rumus =B2*C2 di D2, seperti ditampakkan di sini :

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)
Rumus ini mengalikan 800. 000 dengan 0. 089 (rasio basic berbentuk desimal) buat menemukannya pajak penjualan yang wajib dibayar.

Mengalkulasi rasio berdasar pada dua banyaknya
Apabila satu orang siswa memperoleh nilai 42 point benar dari 50 dalam suatu tes, berapakah rasio jawaban yg benar?

Dalam perumpamaan berikut, apabila angka di B2 yaitu point yg dijawab secara benar serta angka di C2 yaitu keseluruhan point yg mungkin, Anda bisa menuliskan rumus =B2/C2 di D2 buat paham nilainya.

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)
Rumus ini membagi 42 dengan 50 buat menemukannya rasio jawaban yg benar. (Dalam contoh yg ditampakkan di sini, nilai diformat jadi rasio tiada menghadirkan angka desimal. )

Mengalkulasi banyaknya berdasar pada banyaknya lain serta rasio
Perumpamaannya, harga discount suatu busana yaitu Rp 15. 000, sebagai potongan 25% dari harga aslinya. Berapakah harga aslinya? Dalam perumpamaan berikut, Anda mau paham 75% dari satu angka yg sama seperti 15. 000

Apabila B2 yaitu harga discount, serta C2 yaitu 0. 75, ialah 100% minus discount 25% (dalam format desimal) , Anda bisa masukkan rumus =B2/C2 di D2 buat paham harga aslinya.

Trik Mengalkulasi Prosen di Excel
Trik Mengalkulasi Prosen di Excel (sumber : dukungan. office. com)
Rumus ini membagi harga discount dengan rasio yg dibayarkan buat paham harga aslinya.

sumber : http://www.wikirumus.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s