Simaklah Kala Edy Rahmayadi dalam Tangen di WISH Festival 2019

Beberapa hal yang dikatakan Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi waktu memberikan sambutan di acara pembukaan World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 yang berjalan di gedung Library Digital Kampus Negeri Medan (Unimed) Jalan Williem Iskandar, Medan, Sabtu (27/7/2019).

Kira-kira 30 menit, dia bicara tanpa ada teks. Memang, saat didaulat ke atas panggung, dia memegang kertas di tangannya. Tetapi sekejap sesudah membaca tulisan di kertas itu, dia langsung mengantonginya.

Simak Juga : akar kuadrat

“Banyak kali yang perlu kuucapkan namanya. Yang saya hormati…si anu…si polan… Berikut di Indonesia ini, jangankan jika tidak disebutkan namanya, salah panggil saja, dapat berbulan tidak dicakapinya kita. Agar fair, yang saya hormati, semualah kita yang berada di sini, ” kata Edy langsung diterima gelak beberapa ratus peserta yang didominasi pelajar itu.

Dalam sambutannya itu, Edy juga seringkali menjelaskan beberapa alasan matematika yang menurut dia penting tetapi tidak selamanya dapat digunakan di lapangan. Menariknya, walau dalil-dalil matematika itu diungkapkannya berkesan asal serta spontan, tetapi hasilnya benar.

“Saya ini jenderal perang. Di medan tempur tidak ada itu sinus 30 derajat yang besarnya 1/2 (1/2), cosinus 0 yang besarnya 1. tangen, cotangen,” tuturnya yang diterima gelak tawa peserta yang didominasi pelajar serta akademisi Unimed itu. Walau berkesan asal ucap serta spontan, tetapi angka yang dijelaskannya itu benar.

Artikel Terkait : akar pangkat 3

“Dahulu, kita di ajarkan alasan phytagoras. C kuadrat sama juga dengan A kuadrat lebih B kuadarat. A sama juga dengan akar C kuadrat kurang akar B kuadrat. Itu penting juga, tetapi jika ingin sukses, apa yang di kepala itu yang dirumuskan, lalu konsentrasi serta banyak berdoa. Itu yang kulakukan waktu perang dengan Fretellin di Timor-Timur bersama dengan 12 anggota saya. Mana ada tangen, cotangen disana,” kata Edy yang diterima gelak tawa peserta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s