Ini Dia 12 Proyek Strategis Bangun Indonesia Timur

Dalam bangun lokasi timur Indonesia, Tubuh Rencana Nasional (Bappenas) memiliki rencana sejumlah project strategis. Proyek-proyek ini masuk dalam Perancangan Pembangunan Waktu Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2025.

Menurut Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, sekurang-kurangnya ada 12 project besar yg bakal dibikin di Kepulauan Maluku juga sekaligus Pulau Papua lima tahun ke depan.

Simak Juga : jangka sorong

” Lima tahun ke depan ada sejumlah major proyek yg bakal kami dorong dapat terjadi di lokasi Maluku-Papua. Ini yaitu project strategis buat di lokasi timur, ” kata Bambang di Hotel Santika, Ambon, Kamis (12/9/2019) .

Bambang menjelaskan project ini kedepannya bakal libatkan penyelarasan di antara sejumlah kementerian serta instansi (K/L) , pemda, serta sejumlah BUMN.

” Project ini pun bakal terpadu serta libatkan sejumlah kementerian, pemda, serta BUMN, ” kata Bambang.

Bambang pernah menerangkan sejumlah project, satu diantaranya yaitu peningkatan kota Sorong. Menurut dia, kota ini punyai kemampuan ekonomi yg tinggi.

” Satu diantaranya, kita bakal buat kota baru di Sorong, kemampuan Sorong ini besar jadi kota usaha serta menggenjot perekonomian wilayah Timur, disana ada juga pelabuhan, ” kata Bambang.
Sejumlah project lantas diterangkan Bambang bisa menggenjot konektivitas antar wilayah. Dimulai dari jalan Trans Papua, serta sejumlah pembangunan jalan di pulau terluar.

” Dengan project ini dapat menaikkan konektivitas pun, umpamanya jalan Trans Papua. Juga ada kita bakal bangun berjalan-jalan di Pulau Morotai, Saumlaki, hingga Biak, ” kata Bambang.

Dari data yg dijabarkan, ada 12 project besar yg jadikan major proyek Bappenas di Maluku serta Papua. Sejumlah project itu yaitu sebagaimana berikut :

Artikel Terkait : KPK dan FPB

  1. Peningkatan daerah kota baru, Sofifi serta Sorong.
  2. Peningkatan lokasi kebiasaan, Domberay serta Laa Pago.
  3. Peningkatan daerah pinggiran di Jayapura serta Merauke.
  4. Pembangunan jalan buat pulau terluar serta ketinggal di Pulau Morotai, Pulau Saumlaki, serta Pulau Biak.
  5. Menyambung pembangunan Jalan Trans serta Pinggiran Papua.
  6. Pembangunan jembatan udara Papua.
  7. Pembangunan 10 juta sambungan rumah (SR) di Indonesia dengan tujuan 423. 000 SR di Maluku serta Papua.
  8. Pelebaran distribusi air bersih di semuanya lokasi Maluku serta Papua.
  9. Penambahan sanitasi yg pantas serta aman.
  10. Penyelesaian Program 35. 000 MW dengan tujuan bangun pembangkit 427. 545 MW serta Jaringan Transmisi 816 kms/430 MVA di Maluku serta Papua.
  11. Penuntasan infrastruktur 18. 500 pelayanan satelit multifungsi serta pembangunan BTS/lastmile buat merampungkan 2. 414 desa blankspot di Maluku serta Papua.
  12. Peningkatan waduk multiguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s